Skip to main content

Gentle Birth Tidak Selalu Water Birth


Habis bikin pesenan ceker kerang dan tahu telur asin kemudian badan butuh relax sejenak dan tiba2 kepikiran buat nulis lagi..
sebulan ini saya sibuk 'hijrah', hidup brubah drastis.. huahh berharap suatu saat bisa jd kisah yg berakhir indah untuk diceritakan ke anak cucu.. amin.. yg jelas saya berkutik mulu di dapur.. karena genap sebulan ini saya buka usaha katering rumahan Buam's Kitchen, alhamdulillah responnya bagus banget sampe jarang libur dan istirahat.. masyaAllah.. ini kynya butuh satu postingan lg buat diceritain, tp saya mau cerita ttg topik kesukaan saya lainnya, gentle birth.. biar saya jg inget lagi PR yg hrs dikerjain yg sebulan ini terbengkalai.. duhhh..



pic from pinterest



Ketika ditanya ke orang scara random, gentle birth itu apa? mostly jawabnya :
Lahiran di air, gak sama dokter tp sm bidan, tanpa obat2an.. ishhhh tettttooootttt.. pemahaman itu keliru tp trlanjur nyebar di masyarakat ya ternyata.
ketika ada yg nanya saya, lo mau lahirannyanya gentle birth lg dha?
itu jg agak bingung jwbnya..
maksud mereka lahiran gentle birth itu water birth.. padahal gentle birth itu bukan metode.. tapi filosofi.. bahasa indonesianya "asuhan sayang ibu sayang bayi" kalo di posyandu/puskesmas/bidan/rs pemerintah itu posternya pasti ada..jd itu jg bukan hal yg baru.

Yg plg penting dr gentle birth itu gimana ibu diberi kesempatan untuk memberdayakan diri, melalui proses sealami mungkin (ini yg bkin salah kaprah org2 blg GB hrs tanpa obat, gk boleh pake dokter, hrs normal, hrs water birth), dan ibu diberi support sepenuhnya dari lingkungan sekitar sampai dengan proses menyusui. Setelah tanya2 dan ngobrol sm para praktisi GB mreka bilang justru proses plg puncak dr gentle birth itu bukan saat melahirkan tp stelah bayi dilahirkan.. kenapa disebut minim trauma bukan tanpa trauma? karena trauma itu pasti ada pada bayi dan ibu, proses yg bgitu luar biasa akan terekam dimemori seumur hidup dan tugas kita sebagai orangtua adalah memberdayakan diri untuk menekan trauma itu sekecil2nya. Proses IMD kunci paling penting, karena stelah dilahirkan, perubahan drastis itu bikin bayi shock. Kalau bayi lahir nangisnya meraung2 suka dihibur dgn pernyataan, "ohh biarin latihan paru2 n jantung, tmbh kenceng tanpa bagus". Sebenernya bayi bs lahir tanpa tangisan yg menggelegar tanpa dituntut suruh sport jantung n paru2 ketika berhasil keluar dr rahim. Perjuangannya untuk bisa menembus jalan lahir itu aja udah cukup melelahkan loh.. jgn disuruh yg bukan maunya bayi 😊😊.

Bayi gak minta olahraga saat dilahirkan makanya dia nangis histeris, bayi gk minta dimandiin, gak mau tau ukuran Panjang badannya brapa berat badannya berapa lingkar kepalanya berapa.. memang somehow itu perlu gak perlu sih.. secara gak sadar.. tiap denger ada yg lahiran trus org2 pasti nanyanya, namanya siapa, bb lahir brapa? panjang nya brapa? ,trus kenapa? 😂😂.. kesimpulannya sehat aja sbnrnya udah cukup. Dulu jg saya terjebak dalam pertanyaan itu dan parahnya mikir smakin besar n panjang bayi, bayinya sehat cukup gizi dan hebat! padahal stelah tau gentle birth, salah satu affirmasi saya.. Adek bayi pinter, lahirnya jgn gede2 yah 2,9 kg aja mentoknya, biar km bisa lancar lewatin jalan lahir. Yes baru berterima logika ya iyah semakin gede bayi semakin perjuangan keluarinnya knapa dulu saya bisa berpikir sebodoh itu ya.. hahaha makanya saya yg bodoh dulu skrg belajar..

terus bayi maunya apa dong?
berdasarkan pengalaman di lahiran pertama, saya agak panik plus takjub ngeliat anak pertama saya Zafran Atallah Khaezeran Ghani lahir dengan mengeluarkan suara , cekikikan.. asli gak boong.. sampe saya bingung kok gk kaya di sinetron2.. sbnrnya bkn cekikan yg girang gt sih, tp suaranya bkn kaya tangisan, duh inget banget matanya melotot tapi keluarin suaranya gk kaya bay nangis.. agak susaj yah jelasinnya..udah sdikit diklitikin jg gk nangis heboh juga.. akhirnya saya stop shocknya lanjut proses IMD..
Zafran langsunh diletakkin di bawah payudara biar dia merayap sndiri cari puting, alhamdulillah air susu langsung meluncur deras, karena dr uk 6 bulan jg udh keluar (tips biar asi lancar kluar saat lahiran : rajin dibersihkan pake minyak klapa, baby oil atau zaitun dan dipijet). Setelah proses pelekatan berhasil, udah suara meringis cekikik itu ilang diganti dengan suara heboh nyusu asi.. gak lama placenta lahir normal tanpa bantuan obat atau suntikan apapun. Dan dua jam stelah imd dan menyusui full (alhamdulillah proses dptin kolostrumnya berhasil) kemudian selanjutnya senyap.. tiada suara tangis bayi yg aku dengar.. dia melek manja dan lalu tidur pulas.. mana suara tangisan sperti bayi itu nak?

Dari pengalaman itu dan didukung teori2 lainnya makanya saya berkesimpulan yg dibutuhkan bayi sesaat setelah lajir cuma dekapan ibunya dan asi. Udah. Cukup. Itu saja.
Proses transisi dr dunia rahim yg sempit dan hangat yg isinya cuma si placenta, air ketuban, darah, suara jantung ibu, dan organ2 lainnya ke dunia yang penuh dengan kehebohan ini tentunya gak gampang sis and bro, ibarat kita udh nemu comfort zone selama 9 bulan tiba2 harus kluar dr comfort zone itu pastinya butuh transisi yg slow..
si air ktuban? udah buyar, si placenta udah dikubur, terus apalagi yg tersisa untuk mengingatkan bahwa dia msh berada dekat dgn tmpt yg 'dulu'? ya detak jantung ibu dan kehangatannya yang dia dpt dr proses IMD.. dekapan, kehangatan, dan makanan baru yg udah Allah SWT ciptakan buat si bayi, ASI.

Jadi menurut saya menjadi penting ketika kita sudah panjang lebar belajar ttg mempersiapkan gmn nanti menghadapi proses melahirkan, kita jg wajib tau esensi dr proses yang diperlukan bayi stelah bayi dilahirkan dan proses perkembangan selanjutnya.
Yang terpenting proses menjadi orangtua yg sadar itu harus berlanjut sampai anak dewasa, bahkan menikah? kalo ini perlunya orangtua yg sadar diri hehehehe jd gak dijutekin mantu 😁😁😁..

sekian isi pikiran hari ini, yang udah terbayang2 mie goreng sambal matah *ups .. bandel dikit boleh ya bu bidan 😁😁.. abis itu yoga lagi deh n makan buah yg banyak heheeee...










Comments

Popular posts from this blog

Kronologis Persalinan Gentle Birth & Water Birth Zafran Atallah Khaezeran Ghani

Rabu, 3 Desember 2014 Hari jelang HPL ( gak tau pasti sebenernya jatuhnya tanggal berapa karena bidan dan dokter menetapkannya selalu berubah2) masih terkendali. Kemarin ada sedikit kontraksi palsu sekitar 3x tp sungguh msh bisa diatasi. Diatasinya Dengan benerin posisi dan duduk diatas gym ball. Kemarin malam induksi alami pake duren dan prostalgin. Efeknya kontraksi tp cuma sekitar 40 detik dan 3x.. di pijet endhorphin terus sama suami. Hari ini kebangun jam 3 an langsung mandi keramas, solat fajar,solat subuh. Setelahnya niat mau jalan kaki malahan bingung sendiri duduk bengong di atas tmpt tdr liat suami msh tdr pules gak tega bangunin, lama2 malah jd ngantuk, sampe suami mau brgkt kantor gk bs bangun jg. Maaf ya sayang.. belajar mandirinya udh dimulai lbh awal.. Selama bangun td perut terasa normal sempet khawatir terlalu anteng si baby z, taunya dia kasih tanda nendang,anak pintar. Abis solat ngomong sama baby z kalo ambunya udah siap kapanpun dia mau keluar, sekarang besok

MEMUTUSKAN PINDAH DARI OBGYN KE BIDAN DI KEHAMILAN 24 MINGGU

Ceritanya setelah keranjingan sama si Gentle Birth ini, hari hari ku terus aku habiskan buat nambah ilmu sebanyak banyaknya tentang Gentle Birth sampai aku bener2 paham semua hal tentang Gentle Birth. Tiba saat aku harus memilih tenaga kesehatan yang akan membantuku saat persalinan. Tadinya aku hanya tau Bidan Kita yang digawangi oleh bidan Yessy di klaten dan Ibu Robin Lim, si suhunya Gentle Birth di Ubud, BALI. Sempet nanya nanya ke suami diantara dua pilihan itu mana yang memungknkan, pengennya sih di Bali hahaha tapi kayanya dua2nya terlalu jauh dari jangkauan. Terus aku nanya2 dan browsing lagi di grup kira2 bidan atau dokter yang paling terjangkau dari lokasi aku berada ada dimana. Akhirnya menemukan nama Bidan Erie Mardjoko atau Erie Tiawaningrum yang kliniknya berlokasi di Cipayung, Citayam, Depok. Gak terlalu jauh dari rumahku, Di usia kandungan 24 minggu aku datang ke klinik bidan erie untuk pertama kalinya, alhamdulillah gak pake nyasar langsung ketemu. Pertama ikutan yoga

MENGENAL GENTLE BIRTH DAN PRENATAL YOGA

cerita ini sangat mengharukan sekali loh.. tapi takutnya yang aku tulis gak sedalem apa yang sebenernya terjadi di kenyataannya hahaha ya semoga yang baca bisa dapet hikmah atau pelajaran dari sini.. berawal dari kepanikan aku karena beberapa teman seperti menakut nakuti kalo aku bisa terkena tokso karena masih maen sama kucing selama hamil, mungkin maksud mereka baik untuk memngingatkan tapi sampainya ke aku jadi over reacted gitu.. akhirnya browsing browsing lagi tentang efek tokso dan virus pada kucing saat kehamilan, lumayan bikin panik karena bisa menyebabkan kecacatan, namanya lagi hamil emosi gak stabil bawaannya takut kenapa2 kan.. singkat cerita akhirnya setelah nanya dr. Valeria aku disarankan untuk tes lab TORCH .. haduhh harusnya tes ini kan dilakukan sebelom hamil, atau sbelom nikah, karena kalaupun terbukti hasilnya ada yang positif baru bisa diobati setelah melahirkan.. plus biaya untuk tes ini gak murah. Aku dan suami menanyakan biasayany di Lab RS HGA, mreka pasang h