Skip to main content

My birth keeper

37weeks




Ketika datang ke bidan untuk yoga dan periksa kehamilan berakhir dengan curhatan banjir air mata..
She's so special that's why i chose her and come back again to her..
gak peduli skrg dia banyak nanganin artis2.. dari sebelum saya kenal dan sampai dia ngehits karena menangani homebirth seorang penyanyi hits, dia tetaplah dia sosok yg sederhana dan menyenangi pekerjaannya karena dasar kemanusiaan. Artis yg dia tangani dr dulu buanyakkk.. anak pejabat banyak, anak pengusaha banyak.. tp gk pernah diperlakukan berbeda dgn klien biasa, termasuk saya. Nama anak pertama saya dia inget, crita kehamilan n proses persalinan pertama saya dia ingat. Kembali ke klinik sederhana dan bertemu dia dan para asistennya seperti kembali kerumah. sesuatu yg gk saya dptin di dokter obgyn, br dua bulan telat kontrol udh disindir kelamaan gk dtg atau gk inget sm skali rekam medik saya.
Dan cerita berbeda dari kunjungan saya kemarin..
emang udah tau beliau ini hobi bgt 'nerawang', saya gk mau prcaya gitu2an tp semua yg di katakan selalu tepat dan benar.. saya menganggapnya kemampuan berempati beliau tingkat dewa..

dr tau hamil lg beliau nyeletuk.. ini anaknya laki lagi krn km msh nyimpen barang2nya si abang yah.. ishh bener..

dan kemarin pas megang perut sambil bilang.. posisi bagus smua, gk ada masalah dr bayi, tinggal kita tunggi, tapi ini ada yg berasa banget.. kamu masih punya ganjalan di hati..

eng ing eng.. sekejap banjirr air mata.. ditambah beliau bilang

"gpp ceritan aja.. semua harus bersih, legowo, biar prosesnya lancar.. "

blablabla 1,5 jam di dlm ruangan itu..ya ampun maaf yg antrian abis saya 😅

Gak pernah diburu2 untuk segera selesai dan beranjak dari ruangannya.. sampai urusan dan cerita saya bener2 selesai.

Ceritalah sambil nangis dan apa yang beliau komentari dan katakan persissss sisss apa yg saya rasakan dan menjad ganjalan di hati.. kok bisa yah.. selain suami saya, baru beliau orang yang bener2 pas mengutarakan kalimat2 yg tepat saya rasakan ttg masalah ganjalan hati itu.

Saya kira saya sudah bisa memaafkan.. saya sudah bisa melepaskan dan berusaha tidak peduli.. ternyata ganjalan itu masih ada akarnya.. dan beliau bilang agak susah hilangnyà butuh waktu lama, kita hanya bisa mengubah persperktif kita akan masalah itu jangan harap bisa merubah orang lain.

Kenapa sih bersihin ganjalan di hati, trauma atau apapun yg bkin gak sreg di pikiran penting banget sebelum melahirkan, dari cerita beliau hal2 kaya gini yg paling sering bikin mandek proses persalinan.. karena di saat proses kelahiran apalagi proses lagi sakit2nya itu seperti membuka tabir memori kita yg lampau, terutama yg bersifat negatif, gak jarang jd pemicu sulitnya progress dalam proses persalinan. Beliau sering cerita kalau kliennya susah bgt maju pembukaan, dikorek2 apa ganjelan2 yg msh ada kalau bisa di slesaikan saat itu jg.. dan luar biasa stelah si ibu lega.. proses menjadi cepat dan lancar.. filosofinya mungkin bayi pengen lahir dengan keadaan ibu yang bener2 bahagia..

Balik lagi ke soalan saya..
ahhh pokoknya saya amazed banget deh, beliau ini paket lengkap banget, prenatal yoga trainer, hypnobirthing theraphist, psikolog juga, bidan, praktisi TAT, infertility massages theraphist dll.. kmrn beliau nyampein pgn bgt kuliah hukum biar bs berjuang buat kebijakan kehamilan dan proses kelahiran yg abu-abu disini.. belom ada undang-undang pelarangan resmi, baru surat keterangan tidak direkomendasikan sudah mengancam banyak pihak yang mengingkan proses persalinan yg mnurut mreka lbh nyaman. Semoga niat mulia beliau selalu diridhoi dan diberkahi Allah SWT.

saya dijadwalkan TAT sebelum lahiran, semoga masih keburu deh ya..

sebenernya masalahnya langsung teratasi pas setelah saya pulang dr bidan itu.. yg mengganjal sela ini sudah terkonfirmasikan..
semoga bener2 bersih akar yang masih tertinggal kemarin..

Ya Allah SWT hanya padaMu saya bergantung, bantulah semua prosesnya menjadi lancar dan kau ridhoi rencana terbaik kami.Amin




Comments

Popular posts from this blog

Kronologis Persalinan Gentle Birth & Water Birth Zafran Atallah Khaezeran Ghani

Rabu, 3 Desember 2014 Hari jelang HPL ( gak tau pasti sebenernya jatuhnya tanggal berapa karena bidan dan dokter menetapkannya selalu berubah2) masih terkendali. Kemarin ada sedikit kontraksi palsu sekitar 3x tp sungguh msh bisa diatasi. Diatasinya Dengan benerin posisi dan duduk diatas gym ball. Kemarin malam induksi alami pake duren dan prostalgin. Efeknya kontraksi tp cuma sekitar 40 detik dan 3x.. di pijet endhorphin terus sama suami. Hari ini kebangun jam 3 an langsung mandi keramas, solat fajar,solat subuh. Setelahnya niat mau jalan kaki malahan bingung sendiri duduk bengong di atas tmpt tdr liat suami msh tdr pules gak tega bangunin, lama2 malah jd ngantuk, sampe suami mau brgkt kantor gk bs bangun jg. Maaf ya sayang.. belajar mandirinya udh dimulai lbh awal.. Selama bangun td perut terasa normal sempet khawatir terlalu anteng si baby z, taunya dia kasih tanda nendang,anak pintar. Abis solat ngomong sama baby z kalo ambunya udah siap kapanpun dia mau keluar, sekarang besok

MEMUTUSKAN PINDAH DARI OBGYN KE BIDAN DI KEHAMILAN 24 MINGGU

Ceritanya setelah keranjingan sama si Gentle Birth ini, hari hari ku terus aku habiskan buat nambah ilmu sebanyak banyaknya tentang Gentle Birth sampai aku bener2 paham semua hal tentang Gentle Birth. Tiba saat aku harus memilih tenaga kesehatan yang akan membantuku saat persalinan. Tadinya aku hanya tau Bidan Kita yang digawangi oleh bidan Yessy di klaten dan Ibu Robin Lim, si suhunya Gentle Birth di Ubud, BALI. Sempet nanya nanya ke suami diantara dua pilihan itu mana yang memungknkan, pengennya sih di Bali hahaha tapi kayanya dua2nya terlalu jauh dari jangkauan. Terus aku nanya2 dan browsing lagi di grup kira2 bidan atau dokter yang paling terjangkau dari lokasi aku berada ada dimana. Akhirnya menemukan nama Bidan Erie Mardjoko atau Erie Tiawaningrum yang kliniknya berlokasi di Cipayung, Citayam, Depok. Gak terlalu jauh dari rumahku, Di usia kandungan 24 minggu aku datang ke klinik bidan erie untuk pertama kalinya, alhamdulillah gak pake nyasar langsung ketemu. Pertama ikutan yoga

MENGENAL GENTLE BIRTH DAN PRENATAL YOGA

cerita ini sangat mengharukan sekali loh.. tapi takutnya yang aku tulis gak sedalem apa yang sebenernya terjadi di kenyataannya hahaha ya semoga yang baca bisa dapet hikmah atau pelajaran dari sini.. berawal dari kepanikan aku karena beberapa teman seperti menakut nakuti kalo aku bisa terkena tokso karena masih maen sama kucing selama hamil, mungkin maksud mereka baik untuk memngingatkan tapi sampainya ke aku jadi over reacted gitu.. akhirnya browsing browsing lagi tentang efek tokso dan virus pada kucing saat kehamilan, lumayan bikin panik karena bisa menyebabkan kecacatan, namanya lagi hamil emosi gak stabil bawaannya takut kenapa2 kan.. singkat cerita akhirnya setelah nanya dr. Valeria aku disarankan untuk tes lab TORCH .. haduhh harusnya tes ini kan dilakukan sebelom hamil, atau sbelom nikah, karena kalaupun terbukti hasilnya ada yang positif baru bisa diobati setelah melahirkan.. plus biaya untuk tes ini gak murah. Aku dan suami menanyakan biasayany di Lab RS HGA, mreka pasang h