Skip to main content

MENGENAL GENTLE BIRTH DAN PRENATAL YOGA

cerita ini sangat mengharukan sekali loh.. tapi takutnya yang aku tulis gak sedalem apa yang sebenernya terjadi di kenyataannya hahaha ya semoga yang baca bisa dapet hikmah atau pelajaran dari sini..

berawal dari kepanikan aku karena beberapa teman seperti menakut nakuti kalo aku bisa terkena tokso karena masih maen sama kucing selama hamil, mungkin maksud mereka baik untuk memngingatkan tapi sampainya ke aku jadi over reacted gitu.. akhirnya browsing browsing lagi tentang efek tokso dan virus pada kucing saat kehamilan, lumayan bikin panik karena bisa menyebabkan kecacatan, namanya lagi hamil emosi gak stabil bawaannya takut kenapa2 kan.. singkat cerita akhirnya setelah nanya dr. Valeria aku disarankan untuk tes lab TORCH .. haduhh harusnya tes ini kan dilakukan sebelom hamil, atau sbelom nikah, karena kalaupun terbukti hasilnya ada yang positif baru bisa diobati setelah melahirkan.. plus biaya untuk tes ini gak murah. Aku dan suami menanyakan biasayany di Lab RS HGA, mreka pasang harga skitar 2,8 juta, langsung lemes..
akhirnya survey di beberapa tempat untuk tes TORCH, pd akhirnya jatuh di Prodia, pas banget lagi ada diskon, selain torch aku harus tes urin dan hepatitis juga. total biaya yang harus dibayar sekitar 1,8 juta.Tapi ternyata ada cash back sekitar 300rban, karena hasil tes apa yah aku lupa, negatif, jadi gak dilanjutkan.

setelah hasil tes dibaca sm Dr. Vale yang gak sampe 5 menit itu.. (haduhhh 1,8 juta melayang cuma gitu aja yah.. hiks..), Dr. Vale bilang aku gak ada yg positif terkena virus tapi harus jaga jaga aja, yang bermasalah malah keputihan aku, tp msh daam batas normal. Dr. Vale nyaranin untuk minum yakult atau yogurt.

Dari proses ketakutan itu banyak deh hikmahnya, aku lebih selektif memilih sumber bacaan di internet dan lebih gak banyak mikirin apa kata orang. Sampe suatu hari aku nyemplung di grub FB GENTLE BIRTH UNTUK SEMUA. Nemuin grup ini kaya oase di tengah gurun, semua artikel yang di sediakan di grup ini yang mereka sebut dengan harta karun bikin aku banyak merubah cara pandangku tentang kehamilan. Tiap hari aku habiskan dengan membaca satu persatu artikel di grup itu. Mempelajari apa itu gentle birth. lama-lama ketagihan baca dan nonton video yang berkaitan dengan Gentle Birth.

Sampai suatu hari aku cerita semuanya ke suami, dan suami mendukung aku untuk bisa melhirkan dengan cara dan prinsip gentle birth.

Hal yang saat itu pengen aku lakukan yaitu ikutan yoga prenatal. Kebetulan salah satu admin GBUS, Mba Diah Pratitasari atau mba Prita ngadain prenatal yoga di Kampus UI depok, tempatnya outdoor menghadap ke danau dekat rektorat UI. Aku tertarik banget untuk ikutan.


prenatal yoga di samping danau UI, lebih mengenal alam dan back to nature seperti prinsip Gentle Birth


Peserta Prenatal Yoga GBUS UI, seperti keluarga saling dukung dan merangkul satu sama lain.


Setelah mengikuti beberapa sesi prenatal yoga dan menyerap ilmu dari Mba Prita dan juga temen temen sesama ibu hamil, rasanya menghadapi persalinan lebih siap dan excited. Setidaknya merasa punya bekal untuk bisa melalui persalinan, yang tadinya berasa kaya mau ujian negara mengahdapi persalinan lebih kaya pengen tampil konser tunggal gitu setelah tau gentle birth dan prenatal yoga hehe. Alhamdulillah.



Comments

  1. Aslm . Salam kenal mba . Boleh minta kontaknya mau tanya tanya seputar gentle birth dan prenatal yoga . Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. Aslm . Salam kenal mba . Boleh minta kontaknya mau tanya tanya seputar gentle birth dan prenatal yoga . Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  3. Waah kata2 terakhirnya keren, soal ujian negara dan konser tunggal. Boleh sy kutip ya mbak. Oya.... Siapa tau ada yg memerlukan... di antapani bandung (Xo Studio) kini membuka kelas soft prenatal yoga. Bagi yg ingin tau lebih jauh silahkan menghubungi 081395140314. Jika diperlukan, Instruktur prenatal yoga juga dapat mengajar di rumah Anda (HOME CARE). Semoga semakin banyak ibu terbaik yg siap melahirkan dg penuh cinta!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaa membantu sekali infonya.. saya forward yahh ke temen2 siapa tau ada yg lg membutukan..amin berharap banyak yg semakin sadar ttg proses melahirkan yg nyaman dan penuh cinta.. :)

      Delete
  4. sllamualaikum salam kenal mba,itu senam hamil tahun 2015 sampai sekrg masih ada g y ? n ada contack yg bisa aku hubungi g y buat ikut senam hamilnya

    ReplyDelete
  5. Silahkan mbak hubungi no 081395140214 nanti di bantu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kronologis Persalinan Gentle Birth & Water Birth Zafran Atallah Khaezeran Ghani

Rabu, 3 Desember 2014 Hari jelang HPL ( gak tau pasti sebenernya jatuhnya tanggal berapa karena bidan dan dokter menetapkannya selalu berubah2) masih terkendali. Kemarin ada sedikit kontraksi palsu sekitar 3x tp sungguh msh bisa diatasi. Diatasinya Dengan benerin posisi dan duduk diatas gym ball. Kemarin malam induksi alami pake duren dan prostalgin. Efeknya kontraksi tp cuma sekitar 40 detik dan 3x.. di pijet endhorphin terus sama suami. Hari ini kebangun jam 3 an langsung mandi keramas, solat fajar,solat subuh. Setelahnya niat mau jalan kaki malahan bingung sendiri duduk bengong di atas tmpt tdr liat suami msh tdr pules gak tega bangunin, lama2 malah jd ngantuk, sampe suami mau brgkt kantor gk bs bangun jg. Maaf ya sayang.. belajar mandirinya udh dimulai lbh awal.. Selama bangun td perut terasa normal sempet khawatir terlalu anteng si baby z, taunya dia kasih tanda nendang,anak pintar. Abis solat ngomong sama baby z kalo ambunya udah siap kapanpun dia mau keluar, sekarang besok

MEMUTUSKAN PINDAH DARI OBGYN KE BIDAN DI KEHAMILAN 24 MINGGU

Ceritanya setelah keranjingan sama si Gentle Birth ini, hari hari ku terus aku habiskan buat nambah ilmu sebanyak banyaknya tentang Gentle Birth sampai aku bener2 paham semua hal tentang Gentle Birth. Tiba saat aku harus memilih tenaga kesehatan yang akan membantuku saat persalinan. Tadinya aku hanya tau Bidan Kita yang digawangi oleh bidan Yessy di klaten dan Ibu Robin Lim, si suhunya Gentle Birth di Ubud, BALI. Sempet nanya nanya ke suami diantara dua pilihan itu mana yang memungknkan, pengennya sih di Bali hahaha tapi kayanya dua2nya terlalu jauh dari jangkauan. Terus aku nanya2 dan browsing lagi di grup kira2 bidan atau dokter yang paling terjangkau dari lokasi aku berada ada dimana. Akhirnya menemukan nama Bidan Erie Mardjoko atau Erie Tiawaningrum yang kliniknya berlokasi di Cipayung, Citayam, Depok. Gak terlalu jauh dari rumahku, Di usia kandungan 24 minggu aku datang ke klinik bidan erie untuk pertama kalinya, alhamdulillah gak pake nyasar langsung ketemu. Pertama ikutan yoga