Skip to main content

10 Manfaat Menerapkan GENTLE BIRTH dalam persalinan

I will make this post into some points, so it will be easier to be understood..

1. secara fisik dan mental, 100% lebih siap menghadapi persalinan. sebelum tau ttg gentle birth, melahirkan menjadi momok kepasrahan antara hidup dan mati.. kaya final test sebagai seorang wanita.. tapi setelah mengenal gentle birth, momen kelahiran pertamaku sangat aku tunggu, perasaannya kaya mau ngadain konser tunggal perdana, deg2an tapi pengen segera tampil!.

2. badan lebih seger.. menjelang kelahiran dan setelah kelahiran.. semua fungsi organ tubuh ter sinkronisasi dengan baik. karena kita memperlakukan diri sendiri bukan sebagai orang sakit, tapi ibu hamil bahagia yang akan menyambut buah hati.

3. belajar lebih menghargai diri sendiri dengan makan makanan yg sehat, minim mengkonsumsi obat2an kimia, olahraga teratur dengan yoga atau berenang.

4. sangat menekan stress, saat hamil, melahirkan, dan setelahnya, sehingga hal2 yg negatif gak ada kesempatan untuk mempengaruhi emosi kita. ini karena kita tau lebih dalam kalau tubuh kita luar biasa hebatnya bisa melakukan fungsinya dengan baik, jika kita percaya. tidak mempasrahkan segala keputusan hanya dengan diagnosa dokter, tapi kita sudah belajar banyak ttg tubuh kita. membuat kita jauh lebih percaya diri.

5. lebih dekat dengan sang Maha Pencipta, terutama dengan metode affirmasi dan hypnobirthing, karena dasar dr gentle birth ini berserah dan ikhlas kepadaNya juga memohon izin untuk bisa melakukan hal yg terbaik untuk anak kita.

6. lebih intim dengan pasangan. karena banyak step2 dalam mencapai persalinan yg lembut dibutuhkan peran suami, kerjasama dengan suami, contohnya pijat endhorphin, rebozo, pijat perinium, dan yang jelas memproduksi hormon cinta (oksitosin) harus dengan suami dong yah.. tapi pengalaman saya peran suami ini yg menentukan saya bisa berhasil menerapkan gentle birth.. jd punya suami yg super sabar n mau dukung dr awal 100% klo kita mau nerapin gentle birth itu poin booster bgt buat ibu hamil. soalnya banyak banget pengalaman yg suaminya salah kaprah.. takut istri kesakitan berlebih, malah disuruh cesar dr awal, biar gk ngerasain induksi.. padahal banyak yg bilang sc itu sakitnya panjang prosesnya dan banyak mengganggu sistem kerja tubuh atau `chi` jd berantakan. Tapi gentle birth bukannya berprinsip haram untuk sc, dgn kondisi tertentu sc ttp hrs dilakukan, dan gentle birth pd proses sc jg bisa diterapkan n sudah terbukti menekan stress dan mempercepat pemulihan pasca operasi. kalau dalam kondisi sehat  di gentle birth diajarin supaya gak pake induksi suntik dgn pitocyn gimana..karena ada induksi alami yg super enak, diantaranya makan duren, makan nanas, bersetubuh dgn suami,  makan makanan pedas, jalan2 apa deh yg bikin happy..nah kan balik lagi ke.. memberdayakan diri.

the photo is taken from Pinterest

7. setelah melahirkan badan segerrr.. gak lemes, bisa langsung jalan, kaya Kate Middleton, 10 jam setelah lahiran bisa dadah2 sm rakyat inggeris, dan jalan kaki biasa n masuk ke mobil biasa aja kan.. ? karena gak ada efek trauma berlebih dalam proses lahirannya, yg terpancar jdnya glowing, bahagia dan kaya lg jatuh cinta sama bayi nya.. jauh dr kelelahan, badan sakit, atau syndrome baby blues.

8. air susu berlimpah ruah, salah satu yg lupa saya pelajari kalo misal air susu berlimpah,karena itu jg masalah ternyata, saya terlalu fokus dgn memikirkan harus bisa keluarin asi saat IMD yg hasilnya saya sudah produksi asi netes2 tiap tidur dari usia kehamilan 6bulan.

9. bisa mengurus anak dengan perasaan bahagia. anak jadi lebih kalem karena melihat ibunya bahagia dan jauh dr stress.

10. pikirannya terus jadi positif aja, dan jd jatuh cinta sama dunia parenting. mikirin hal hal selanjutnya yg bisa bkin anak kita tumbuh dengan baik. memberikan asi ekslusif dan juga selanjutnya Makanan pendamping ASI (MPASI).
sepertinya masih banyak yg tak terungkapkan gimana buanyaknya manfaat gentle birth ini, yang jelas untuk para wanita, menjadi cerdas dan pintar bukan hanya dibangku sekolah aja yah, kita sebagai pondasi bagi anak2 kita, penerus generasi bangsa. iya karena ada kaitannya banget sama masa depan. kalau dari sebelum lahir, seorang anak sudah dipersiapkan sedemikian rupa untuk menjadi yg terbaik, bibit bibit generasi bangsa akan menjadi unggul, ya kan? gentle birth ini melahirkan insan yg penuh dengan kelembutan hati, kecerdasan spiritual dan mental, setelahnya orgtua mendidik supaya anak punya kecerdesan IQ dan akademis, nyambung kan? jadi apa salahnya, belajar, membaca, tidak skeptik, dan mau bertanya..

salam memberdayakan diri, salam gentle birth. 

terimakasih mba Diah Pratitasari yg sudah jd tokoh inspiratif ku, dan juga tenaga kesehatan gentle birth terbaik untukku, bidan Erie Marjoko dan dua asisten bidan cantik mba Ririn n mba Ridha.

Comments

Popular posts from this blog

Kronologis Persalinan Gentle Birth & Water Birth Zafran Atallah Khaezeran Ghani

Rabu, 3 Desember 2014 Hari jelang HPL ( gak tau pasti sebenernya jatuhnya tanggal berapa karena bidan dan dokter menetapkannya selalu berubah2) masih terkendali. Kemarin ada sedikit kontraksi palsu sekitar 3x tp sungguh msh bisa diatasi. Diatasinya Dengan benerin posisi dan duduk diatas gym ball. Kemarin malam induksi alami pake duren dan prostalgin. Efeknya kontraksi tp cuma sekitar 40 detik dan 3x.. di pijet endhorphin terus sama suami. Hari ini kebangun jam 3 an langsung mandi keramas, solat fajar,solat subuh. Setelahnya niat mau jalan kaki malahan bingung sendiri duduk bengong di atas tmpt tdr liat suami msh tdr pules gak tega bangunin, lama2 malah jd ngantuk, sampe suami mau brgkt kantor gk bs bangun jg. Maaf ya sayang.. belajar mandirinya udh dimulai lbh awal.. Selama bangun td perut terasa normal sempet khawatir terlalu anteng si baby z, taunya dia kasih tanda nendang,anak pintar. Abis solat ngomong sama baby z kalo ambunya udah siap kapanpun dia mau keluar, sekarang besok

MEMUTUSKAN PINDAH DARI OBGYN KE BIDAN DI KEHAMILAN 24 MINGGU

Ceritanya setelah keranjingan sama si Gentle Birth ini, hari hari ku terus aku habiskan buat nambah ilmu sebanyak banyaknya tentang Gentle Birth sampai aku bener2 paham semua hal tentang Gentle Birth. Tiba saat aku harus memilih tenaga kesehatan yang akan membantuku saat persalinan. Tadinya aku hanya tau Bidan Kita yang digawangi oleh bidan Yessy di klaten dan Ibu Robin Lim, si suhunya Gentle Birth di Ubud, BALI. Sempet nanya nanya ke suami diantara dua pilihan itu mana yang memungknkan, pengennya sih di Bali hahaha tapi kayanya dua2nya terlalu jauh dari jangkauan. Terus aku nanya2 dan browsing lagi di grup kira2 bidan atau dokter yang paling terjangkau dari lokasi aku berada ada dimana. Akhirnya menemukan nama Bidan Erie Mardjoko atau Erie Tiawaningrum yang kliniknya berlokasi di Cipayung, Citayam, Depok. Gak terlalu jauh dari rumahku, Di usia kandungan 24 minggu aku datang ke klinik bidan erie untuk pertama kalinya, alhamdulillah gak pake nyasar langsung ketemu. Pertama ikutan yoga

MENGENAL GENTLE BIRTH DAN PRENATAL YOGA

cerita ini sangat mengharukan sekali loh.. tapi takutnya yang aku tulis gak sedalem apa yang sebenernya terjadi di kenyataannya hahaha ya semoga yang baca bisa dapet hikmah atau pelajaran dari sini.. berawal dari kepanikan aku karena beberapa teman seperti menakut nakuti kalo aku bisa terkena tokso karena masih maen sama kucing selama hamil, mungkin maksud mereka baik untuk memngingatkan tapi sampainya ke aku jadi over reacted gitu.. akhirnya browsing browsing lagi tentang efek tokso dan virus pada kucing saat kehamilan, lumayan bikin panik karena bisa menyebabkan kecacatan, namanya lagi hamil emosi gak stabil bawaannya takut kenapa2 kan.. singkat cerita akhirnya setelah nanya dr. Valeria aku disarankan untuk tes lab TORCH .. haduhh harusnya tes ini kan dilakukan sebelom hamil, atau sbelom nikah, karena kalaupun terbukti hasilnya ada yang positif baru bisa diobati setelah melahirkan.. plus biaya untuk tes ini gak murah. Aku dan suami menanyakan biasayany di Lab RS HGA, mreka pasang h